top of page
  • Writer's pictureJJ

Katalog promosi belanja untuk pembelajaran

Semua dimulai hampir 10 tahun lalu, saat untuk pertama kalinya ada minimarket di daerah tempat kami tinggal saat itu.


Seringkali ketika belanja di minimarket, kami diberi katalog promosi belanja oleh kasir. Berhubung kami tipikal manusia yang hobi mendaur ulang, maka katalog itu kami manfaatkan untuk beragam hal, dari alas kompor, alas pakaian, alas kulkas, tempat pernak-pernik, bungkus sayur mayur, tatakan piring, tong sampah, dll.


Lalu suatu hari, si kecil yang saat itu masih balita, tertarik untuk membacanya dan menemukan katalog promosi itu lebih berwarna, sama seperti harian Kompas Minggu tempat dia biasa lihat komik dan daftar acara TV.


Maka mulailah kami mengelaborasi penggunaan katalog promosi untuk pembelajarannya (terutama literasi dan numerasi). Bagaimanapun, katalog promosi belanja lebih mudah ditemui dan gratis ketimbang Kompas Minggu yang baru tersedia di Senin sore.


Alhasil si kecil semakin suka membaca. Dia membaca apapun. Jika pergi ke minimarket, dia pun bisa hemat, karena dia tahu persis mana yg mahal, mana yang murah, serta mana yang diskon. 😁


Oke. Langkah pembelajaran dengan menggunakan katalog promosi adalah sbb:

  1. Ambil katalog promosi minimarket, supermarket, atau apapun lah. Atau bisa secara digital di link ini: katalog promosi. Katalog promosi ini cuma kebetulan ada ya, saya bukan sedang meng-endorse atau di-endorse.

  2. Baca bersama "katalog promosi" tersebut.

  3. Ajukan pertanyaan sesuai jenjang usia anak dengan menggunakan panduan 5W1H (what, where, when, why, who and how). Pertanyaan yang biasa saya tanyakan adalah: kenapa sih .....begitu? koq bisa ya....? ....terus gimana? memangnya kenapa...?

  4. Dengarkan ketika anak menjawab dan diskusikan jawabannya.

Jika sering dilakukan terutama pada anak yang lebih kecil, pasti hasilnya akan sangat meringankan buat orang tua.


Oh iya, penggunaan "katalog promosi belanja" ini juga sudah kami tularkan di sekolah-sekolah wilayah kami tinggal bersama dengan teman-teman guru. Hasilnya tak pernah mengecewakan.


Silahkan mencoba!

120 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page