top of page
  • Writer's pictureJJ

Online Form (2): Belajar Google Form

Updated: Aug 10, 2020

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas persamaan dan perbedaan Microsoft Form dan Google Form. Sekarang kita akan mulai belajar membuat Online Formulir di Google Form. Mari ikuti langkah-langkah berikut:

Ketik https://www.google.com/forms/about/ di browser laptop/personal computer Anda. Anda akan mendapati halaman seperti

Klik yang saya lingkari warna merah Go to Google Forms, dan Anda akan menemui tampilan seperti ini

Sign in atau masuk menggunakan account Google anda (Gmail). Lantas klik next dan isi password atau kata sandi Anda. Kalau Anda belum punya account Google, Anda bisa membuatnya dengan klik "create account" yang saya lingkari warna merah, dan ikuti langkah pembuatan accountnya. Jika urusan sign-up atau sign-in sudah selesai, maka Anda akan mendapati tampilan seperti ...

Untitled form itu judul formnya...jadi klik aja dan ketik judul yang Anda mau. Tepat di bawahnya ada form description yang berisi deskripsi tujuan form, dll. Dikosongkan juga tidak apa-apa, jika judul form sudah dirasa jelas. Berikutnya ada untitled question. Ini adalah bagian Anda memasukkan pertanyaan. Sementara option adalah pilihan jawaban pertanyaan Anda, jika Anda memilih jenis multiple choice untuk pertanyaan ini. Ada beberapa jenis model respon pertanyaan yang ditawarkan Google Form, seperti... (yang saya lingkari merah di bawah ini)

Anda bebas memilih, apakah jawaban pertanyaan berupa paragraf, atau isian singkat, atau apapun. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya mari kita mengenal lebih jauh, icon-icon di Google Form ini, yuk...

Nah...kira-kira begitu, silahkan dicoba dan dikutak-katik. Karena, belajar sesuatu itu lebih baik kalau dicoba, dialami sendiri ;) Kalau sudah selesai, dengan pertanyaan, jangan lupa lihat icon di sudut kanan atas

Dimulai dari icon seperti palet cat, itu untuk mempercantik tampilan form dengan theme dan warna-warna. Dilanjutkan dengan preview, untuk melihat tampilan keseluruhan sebelum dikirim. Kemudian setting untuk mengatur apakah formulir ini akan dijadikan quiz atau membutuhkan alamat email responden, dsb. Terakhir tombol warna ungu, send. Silahkan klik tombol send di sudut kanan atas, jika form Anda sudah selesai dan dianggap sempurna.

Ketika sudah klik tombol Send, maka Anda akan menemukan pilihan send via. Di situ ada email, link (yang dilingkari merah), dan lampiran HTML. Jika Anda klik email (icon amplop), maka di bagian paling bawah Anda akan menemukan add collaborator. Jika Anda seperti saya, memilih link, maka Anda akan menemukan link https:// yang puanjaaaaaang buanget. Jadi klik kotak Shorten URL untuk membuatnya pendek. Baru klik copy dan silahkan paste di WhatsApp, sms, atau di manapun yang Anda mau.

Jika semua sudah, Anda bisa menemukan form buatan Anda di ...

Itu adalah tampilan di Google Drive Anda. Karena form ini sifatnya online, maka dia akan tersimpan di Google Drive. Di bagian atas, Anda akan lihat ragam template (template gallery) atau contoh form yang bisa Anda pakai. Sementara di bawahnya ada "recent form" atau form yang sudah Anda buat.


Oke deh...segitu dulu ya. Jangan lupa sign-out dari Google account Anda.

22 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page