top of page
  • Writer's pictureJJ

PowerPoint : tidak hanya untuk presentasi

Updated: Aug 23, 2020

Sudah akrab kan ya sama PowerPoint-nya Microsoft untuk presentasi? Versi terbarunya sudah versi 2019 lho. Udah pada update kan? Belum? Nggak apa-apa, saya juga belum. Saya pakai yang versi 2016.


Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1987 untuk komputer Macintosh dan menjadi bagian dari Microsoft Office pada 1989, PowerPoint sudah berkembang sangat pesat. Bahkan bagi dunia pendidikan, PowerPoint tidak hanya sekedar sebagai alat presentasi belaka. PowerPoint bahkan bisa digunakan sebagai sarana membuat buku cerita, quiz atau bahkan permainan interaktif sederhana.


Gimana caranya? Pada dasarnya hanya memaksimalkan pemanfaatan fungsi-fungsi yang ada dalam PowerPoint, antara lain Record Slide Show, Screen Recording dan Hyperlink (antar halaman slide). Fungsi - fungsi tersebut dapat kita temukan di bagian Slide Show untuk Record Slide Show, Insert untuk Screen Recording dan klik kanan untuk Hyperlink. Silahkan melihat gambar-gambar di bawah supaya lebih jelas,

Dengan memaksimalkan 3 fungsi ini saja, Anda sudah bisa membuat PowerPoint Anda jadi lebih menarik. Bahkan fungsi Screen Recording dapat digunakan untuk merekam layar di luar aplikasi PowerPoint. Keren kan! Sebagai contoh, silahkan klik link "Quiz Minecraft" yang dibuat menggunakan PowerPoint oleh salah satu anggota RumahJJ ya. Quiz tersebut hanya menggunakan fungsi Hyperlink dan sound yang juga tersedia di PowerPoint versi sebelum 2016. Oh iya, sebagai catatan, pembuat "Quiz" ini baru berusia 7 tahun dan duduk di SD kelas 2.


Yuk dicoba sama-sama! Supaya PowerPoint kita lebih seru dan mengasyikkan. Jika ingin tahu lebih jauh, atau butuh template, silahkan tinggalkan komentar di bagian bawah tulisan ini dengan terlebih dulu mendaftarkan email Anda di RumahJJ. Kami dengan senang hati membantu.


Merdeka!

76 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page