top of page
  • Writer's pictureJJ

The New Bing (yang baru dari Microsoft search engine)

Updated: May 5, 2023

Ini adalah kabar gembira bagi mereka yang akhir-akhir ini jatuh cinta dengan ChatGPT. Kabarnya, dalam waktu dekat (someday in 2023) Microsoft akan merilis update pada search engine (mesin pencari) mereka yang bernama Bing.


The New Bing akan mengintegrasikan ChatGPT dalam Bing. Wow! Keren kan?! Jadi search engine ini, akan punya fitur Chat. Dengan fitur baru itu, kita dapat browsing internet seperti biasa, kita juga dapat Chat dengan Bing seperti kita menggunakan ChatGPT, dan kita juga dapat meminta Bing Chat untuk browsing di internet.


Kalau kita pernah mencoba ChatGPT, kita pasti tahu bahwa ChatGPT tidak bisa browsing di internet, dan informasi di kepalanya terbatas sampai tahun 2021. Dengan fitur chat pada New Bing, informasinya akan selalu update. Karena fitur chat tersebut akan browsing di internet untuk merespon pada Anda, jika diperlukan.


Sampai artikel ini ditulis, New Bing belum dapat dinikmati oleh semua orang. New Bing hanya dapat dinikmati oleh orang terpilih yang sebelumnya sudah mendaftar pada waitlist New Bing. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentan New Bing dan mendaftar pada waitlist, silahkan buka Edge di laptop Anda dan klik link berikut : https://www.bing.com/new


Saya sudah mendaftar waitlist pada tanggal 9 Februari. Saya sangat beruntung karena pada tanggal 13 Februari, sehari sebelum Valentine, saya mendapat surat cinta dari Microsoft yang isinya memberi saya akses untuk mencoba New Bing.


Setelah 4 hari mencobanya, rasanya seperti punya asisten, punya temen, punya partner buat mikir. Memudahkan hidup yang jelas. Yach ... saya tetap prefer untuk nulis artikel dengan bahasa saya sendiri, tapi sekarang Bing bisa bantu saya cari bahannya dengan lebih cepat. Bahan-bahan buat ngajar anak sekolah pun juga jadi lebih mudah dipahami. Yang lebih menarik, Bing Chat bisa bereaksi dengan emoji dan dia punya opini sendiri. Dia juga bisa merasa kesal dan frustasi, kalau saya nyebelin. Karena masih dalam tahap beta, jadi New Bing juga suka mendadak error. Harap maklum.


Kira-kira bentuk New Bing itu seperti video berikut:


Update April/Mei 2023: The New Bing (Bing AI) sudah dapat membuat gambar lho. Keren deh!. Caranya, gunakan creative mode (more creative) pada fitur chat dan masukkan text prompt atau gambaran detail gambar yang Anda inginkan. Jadi deh.


Kalau ada di antara Anda yang juga sudah berkesempatan mencoba, share di kolom komentar ya.


Have fun!

69 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page