top of page
  • Writer's pictureJJ

Bantu Anak Belajar Yuk?!

Artikel ini khusus untuk orang tua!

Sebetulnya bahkan tidak hanya orang tua, namun semua orang dewasa yang ada di sekitarnya. Seperti yang dikatakan pepatah bijak Afrika,

It takes a village to raise a child 

Salah satu upaya membesarkan anak yang baik, adalah memberi pendidikan yang baik. Sehingga pepatah di atas, seringkali disebutkan juga dengan cara

It Takes a Community to "Educate" a Child

Intinya sih, pendidikan anak itu bukan cuma tugas guru saja, bukan cuma tugas orang tua saja, tapi juga tugas kakek, nenek, tetangga, pak rt, ibu yang punya warung, bapak yang punya bengkel, dll. Jadi, setiap orang punya kepentingan terhadap pendidikan anak-anak.


Hanya saja, orang tua adalah orang yang seharusnya paling peduli. Lho kan anaknya?! Kalau orang tuanya saja sudah tidak peduli, jangan banyak berharap dengan orang lain?!


Jadi bagaimana supaya orang tua bisa membantu anak belajar?

  1. Cari tahu kecerdasan/kemampuan anak. Sekarang ada 8 kecerdasan majemuk anak, mungkin ke depannya bisa tambah jadi 9, 10 atau 11. Yang jelas, hari ini, anak itu bukan melulu dinilai dari kemampuan akademiknya.

  2. Cari tahu gaya belajarnya. Nggak semua anak, bisa belajar dengan duduk manis, tangan di atas meja, dan mendengar ceramah. Ada yang pantatnya berpaku dan nggak bisa duduk tenang, maunya keliling ruangan.

  3. Cari tahu materi apa yang dipelajari anak di sekolah. Orang tua .... sekali-kali bacalah buku sekolah anak. Dijamin pasti bakal terkejut. Karena bahan sekolah hari, beda banget sama hari kemarin.

  4. Jalin kerjasama dengan anak, dengan penghuni rumah lainnya, dan orang lain di sekitar anak.

  5. Buat struktur/jadwal yang konsisten untuk belajar anak.

  6. Karena nggak ada sekolah untuk orang tua, maka sebaiknya orang tua mengedukasi diri mereka sendiri melalui berbagai sumber.

Kemudian, bermodalkan semua hasil di atas (1-6) saya yakin, pasti para orang tua bisa membantu anak-anaknya belajar.


Untuk mengetahui lebih detail tentang no 1-6 di atas, seperti bagaimana tes kecerdasan majemuk, tes gaya belajar, dan sebagainya, silahkan klik link berikut : Yuk Bantu Anak Belajar?

Lalu jika ada tenaga pendidik yang butuh presentasi tentang hal-hal di atas, untuk digunakan dalam pertemuan dengan komite orang tua... silahkan download presentasinya di link ini: Presentasi.

Presentasinya akan seperti berikut:


Semoga bermanfaat!

24 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page