top of page
  • Writer's pictureJJ

Educandy - membuat belajar jadi lebih manis

Educandy ini salah satu situs game-based learning (atau pembelajaran berbasis game) yang gratis dan manis 😊 Tampilan situs ini dirancang sangat ramah anak, dengan warna-warna cerah yang menarik. Tampilannya ya seperti permen....manis. Yuk kita lihat dan coba langsung seperti apa...

Menarik kan? Ada 5 permainan yang ditawarkan sekaligus, walau isi permainan tersebut sama...tentang Makanan Tradisional. Membuatnya pun cukup 1 kali saja dan Educandy yang membuatnya jadi beragam. Keuntungannya, kita jadi punya pilihan, mau mainkan yang mana.


Lantas, gimana buatnya? Susah nggak? Nggak dong. Gampang banget. Kita buat sama-sama ya.


Pertama, kita buka dulu nih situsnya di komputer https://www.educandy.com, kalau sudah maka Anda akan dihadapkan pada tampilan berikut,

Di bagian atas ada Create your first activity. Yang saya lingkari merah. Silahkan klik di situ dan Anda akan diarahkan untuk sign-up atau registrasi. Ikuti saja langkah-langkahnya. Jika sudah, maka Anda akan diminta konfirmasi melalui email yang didaftarkan pada Educandy. Jika sudah konfirmasi, Anda bisa langsung Sign-in.


Jika sudah sign-in, Anda akan mendapati 3 pilihan di gambar berikut,


Silahkan memilih 1 di antaranya, bebas, apa saja boleh. Kali ini saya akan memilih Matching Pairs atau memasangkan. Tampilan yang didapat adalah sebagai berikut:


Nah.. isi saja Nama Aktivitas dan Subyek Aktivitas seperti yang Anda inginkan. Kalau saya, seperti di bawah ini,


Selanjutnya, silahkan buat pertanyaan dan jawaban pada tempat yang disediakan. Kalau sudah, maka list pertanyaan dan jawaban akan ada di sisi kanan layar. Seperti saya, ada 11 pertanyaan dan jawaban. Setelah selesai dengan list pertanyaan dan jawaban, maka Anda akan langsung melihat 5 pilihan permainan seperti yang saya tampilkan pertama kali di atas. Semuanya itu otomatis tersimpan di bagian My Activities Anda. Anda bisa klik dan lihat di bagian paling atas.


Permainan yang sudah ada bisa langsung Anda share via WhatsApp, email, atau media digital apapun yang Anda gunakan. Atau, Anda bisa meminta siswa/anak Anda mendownload Aplikasi Educandy di Windows Store atau Google Play ataupun Appstore. Siswa/anak Anda bisa memainkan game yang Anda buat dengan memasukkan kode dari Anda. Kodenya yang mana? Ketika Anda berniat share game buatan Anda, Anda akan lihat kodenya di situ.


So...have fun and have a sweet learning!

33 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page