top of page
  • Writer's pictureJJ

Genially....membuat "game based learning" yang lebih asyik

Updated: Feb 16, 2023

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang Game Based Learning pakai LearningApps. Saya juga sudah pernah menjelaskan tentang aplikasi desain grafis yang cukup lengkap yaitu Canva. Nah kali ini saya mau membahas tentang situs desain yang kalo saya bilang ... perpaduan Canva dan LearningApps. Namanya Genially.

The tool for creating interactive communication experiences that make your audience fall in love. Communicate, educate, and attract more than ever before. It’s time to bring your content to life.

Pada intinya, Genially adalah alat yang bisa membuat presentasi Anda (apapun itu) lebih interaktif, sehingga lebih menarik dan lebih hidup. Salah satu contohnya adalah Game Based Learning yang dibuat dengan Genially seperti di bawah ini,

Asyik kan? 😁 Bikinnya pun gampang-gampang susah. Tapi selama ada kreatifitas, maka tak ada yang mustahil 😊. Namun demikian, bagi mereka yang belum pernah tahu LearningApps dan Canva, Genially akan jadi sesuatu yang susah-susah gampang alias menantang banget 😃.


Oke...yuk kita lihat sama-sama. Silahkan klik link Genially. Lalu Anda akan mendapatkan tampilan berikut, .

Silahkan Klik Create your free account untuk sign-up dan memulainya. Setelah itu Anda akan mendapati tampilan berikut,

Silahkan sign-up menggunakan email Anda atau bisa langsung sign-up dari Google account Anda. Setelah itu, Anda akan masuk ke dashboard Anda, yang pastinya masih kosong 😃.

Jadi, saya sarankan untuk memilih Inspiration (lihat panah jingga pada gambar di atas), supaya Anda dapat gambaran apa saja kemampuan Genially, sebelum Anda mulai dengan Create genially.

Tampilan halaman Inspiration akan seperti gambar di atas. Lihat bagian yang saya lingkari jingga... itu adalah bagian penting pada halaman ini, yaitu reusable genially. Reusable genially adalah hasil kreatifitas/karya orang lain dengan menggunakan genially yang bisa kita pakai sebagai template. Tidak perlu khawatir dengan hak cipta, karena ini adalah tindakan yang legal. Mereka yang karyanya mendapat tanda reusable genially, berarti mereka sudah rela dan ikhlas karyanya digunakan orang lain.


Oh iya...Genially ini adalah situs freemium, artinya bisa free atau gratis, tapi kalo mau akses penuh harus jadi premium atau bayar. Biayanya sekitar $1.25 USD - $20.82 USD per bulan, jika dibayar langsung setahun penuh. Saya sendiri, merasa masih cukup aman hanya dengan yang gratisan.


Baiklah, silahkan dipilih dan dikotak-katik sendiri, karena pada tahap ini dan seterusnya, saya tidak bisa mendikte kreatifitas Anda 😊. Have fun ya!

86 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page