top of page
  • Writer's pictureJJ

Google Meet : Zoom alternative yang dimiliki sejuta umat.

Siapa sih yang hari ini nggak kenal Zoom? Aplikasi video conference yang booming sejak merebaknya pandemi Covid-19. Zoom begitu populer dan meninggalkan aplikasi video conference lainnya yang lebih dulu ada.

Tapi ...business is business... yang lain pun tak mau kalah dan berusaha mengejar ketertinggalannya dari Zoom. Salah satunya adalah Google Meet.


Yang menarik dari Google Meet adalah, orang bahkan tidak sadar kalau memilikinya. 😀 Iya betul! Banyak orang nggak sadar kalau selama ini punya Google Meet! Google Meet ada di setiap handphone android, yang pada December 2020 menguasai 92.27% market share untuk mobile operating system di Indonesia (lihat grafik di bawah).

Dari data tersebut bisa dibilang bahwa hampir semua pengguna handphone di Indonesia menggunakan handphone android, terlepas apapun mereknya handphonenya. Nah, Google Meet hadir di handphone android dalam bentuk bloatware (atau aplikasi bawaan). Baik itu bloatware berupa aplikasi Meet ataupun aplikasi Gmail.


Gmail? Itu kan buat email? Betul sekali! Sekarang, Google Meet terintegrasi dengan Gmail. Cek saja sendiri! Kalau Anda buka Gmail, di bagian bawah Anda akan menemukan Meet (Rapat). Silahkan klik di Meet (Rapat) dan sisanya sama saja seperti menggunakan Zoom atau video conference lainnya.


Tapi.. saya sudah buka Gmail, nggak ada tuh Meet (Rapat) di bagian bawah? 😊 Tenang .... lakukan langkah berikut ini:

  1. Update aplikasi Gmail yang terinstall di handphone Anda.

  2. Jika cara pertama tidak berhasil, update system operasi di handphone Anda. Caranya : buka Setting (Pengaturan) - cari About Phone (Tentang) - cari System Update, silahkan klik update.

Untuk cara no. 2, tampilannya bisa berbeda-beda sesuai tipe handphone yang Anda gunakan. Cara no.2 biasanya diperuntukkan bagi handphone sejenis OPPO atau VIVO, yang system operasinya merupakan modifikasi Android (seperti FuntouchOS, ColorOS, atau lainnya).


Oke deh, silahkan dicoba saja.

16 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page