top of page
  • Writer's pictureJJ

Mengenal Game Rating System

Updated: Aug 10, 2020

Anak-anak atau bahkan Orang Tua hobi main game? Sudah tahu soal Game Rating System belum? Kalau belum, baca terus sampai paham ya...


Game Rating System adalah sistem penilaian berdasarkan usia yang diterapkan pada sebuah game. Game Rating seperti ini dapat dijadikan panduan bagi orang tua, guru, bahkan anak untuk memilih, memilah dan memainkan game yang sesuai dengan perkembangan usianya. Harapannya, supaya para konsumen game digital mendapatkan pengalaman bermain game yang aman bagi usianya.


Game Rating Sytem itu seperti yang ditunjukkan oleh gambar "rating categories" dalam artikel ini. Biasanya, kalau kita buka Google PlayStore, kita akan lihat tuh iconnya di atas tombol "install". Atau kalau di Microsoft Store, begitu kita klik game yang kita mau, maka Rating System ini, akan ada di samping gambar game tersebut.


Apa sih arti angka-angka itu? Angka-angka itu menunjukkan usia pengguna yang pantas untuk memainkan game tersebut. Karena ada unsur-unsur dalam game yang tidak pantas bagi pengguna di rentang usia tertentu. Detailnya seperti ini :

  • Rating 3+ berarti:

Cocok untuk semua umur. Beberapa unsur kekerasan yang sifatnya komikal atau fantasi (kartun) dapat diterima. Bahasa kasar/tidak pantas dilarang.

  • Rating 7+ berarti:

Dapat mengandung beberapa adegan atau suara yang menakutkan bagi anak-anak. Kekerasan ringan (yang tidak realistik) diperbolehkan.

  • Rating 12+ berarti:

Memperbolehkan unsur kekerasan yang melibatkan karakter fantasi dan/atau kekerasan non-grafik yang melibatkan karakter seperti manusia atau binatang. Memperbolehkan unsur ketelanjangan non-grafik, bahasa agak kasar dan simulasi perjudian. Sexualitas tidak diperbolehkan.

  • Rating 16+ berarti:

Memperbolehkan unsur kekerasan yang realistis, kegiatan sexual, bahasa kasar, penggunaan tembakau dan obat terlarang, dan kegiatan kriminal.

  • Rating 18+ berarti:

Memperbolehkan unsur kekerasan grafis, termasuk penggambaran yang gamblang dan/atau diarahkan pada karakter yang tidak berdaya, serta kekerasan seksual. Dapat juga mencakup konten seksual yang gamblang, tindakan diskriminatif dan/atau glamorisasi penggunaan narkoba.


Lantas, siapa sih yang melakukan Game Rating ini? Namanya IARC (International Age Rating Coalition). Mereka ini terdiri dari sekumpulan lembaga/otoritas Game Rating dari beberapa wilayah/negara-negara di dunia. Jadi dengan mendaftarkan gamenya ke IARC, game developer/publisher sudah bisa memasarkan atau membagi gamenya ke negara-negara yang tergabung dalam IARC, bahkan ke seluruh dunia. Karena, hampir semua negara di dunia mengakui pemeringkatan IARC. (lebih jelasnya silahkan lihat di https://www.globalratings.com)


Indonesia sendiri belum tergabung dalam IARC, namun mengakui penilaian IARC. Walau begitu, sejak 2016, Indonesia sudah punya sistem sendiri di bawah naungan Kominfo. IGRS namanya. Indonesia Game Rating System. Sayangnya, pemanfaatan IGRS belum dimaksimalkan. Banyak game terkenal saat ini di pasaran belum terdaftar di IGRS. IGRS sejauh ini masih lebih banyak diisi oleh game lokal Indonesia (silahkan lihat daftarnya di https://igrs.id). Semoga sih ke depannya bisa lebih maksimal ya...


Baiklah...sekian dulu...dan harap diingat, kalau mau install game...lihat game ratingnya!


15 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page