top of page
  • Writer's pictureJJ

Membuat "Wheel Decide" versi offline

Ketika saya menunjukkan tentang "wheel decide" (silahkan melihat pada artikel https://rumahjj.wixsite.com/home/post/biarkan-sang-roda-yang-memutuskan) pada tenaga pendidik di sekolah, saya sering mendapati pertanyaan, "Kak, bisa offline nggak ini?" Jawabnya, tidak bisa dan bisa. Tidak bisa, jika menggunakan situs "wheel decide" yang saya singgung di artikel sebelumnya, karena itu murni online. Bisa, jika menggunakan PowerPoint, hanya saja membuatnya tidak semudah membalik telapak tangan.


So, di artikel ini saya akan menuliskan step by step membuat "wheel decide atau sejenisnya" menggunakan PowerPoint secara offline. Oke...kita mulai.


  1. Buka PowerPoint, layoutnya yang blank ya.

  2. Setelah itu pilih background yang kalian suka.

  3. Lalu buat lingkaran dengan menggunakan Insert - Chart - Pie. Kenapa harus Pie Chart? Supaya mudah membagi lingkaran tersebut sesuai jumlah bagian lingkaran yang kalian butuhkan.

  4. Nah kalau sudah jadi Chartnya, hilangkan semua legenda, judul dan lain-lainnya. Sisakan chartnya aja. Lingkarannya aja.

  5. Kemudian arahkan kursor ke bingkai chartnya, klik kanan dan Save as Picture.

  6. Hapus semua chart itu dan insert picture chart yang tadi sudah kita save.

  7. Lalu silahkan insert text di bagian-bagian lingkaran tersebut sesuai kebutuhan kalian. Kalau sudah di Group ya.

  8. Kemudian, di bagian tengah lingkaran buat lingkaran kecil 2 buah, 1 sebagai jangkar/anchor (letakkan di belakang), 1 sebagai poros (letakkan di depan), jangan lupa di Group. Kemudian buat jarum penunjuk.

  9. Sekarang bikin animasinya. Untuk lingkaran kecil (jangkar) gunakan animasi entrance fade dan kemudian add animation exit fade di lingkaran jangkar itu juga. Jadi ada 2 animasi di situ. Buat triggernya lingkaran kecil yang berfungsi sebagai poros.

  10. Untuk lingkaran besar, gunakan animasi Spin. Di animation pane atur animasi spin tersebut sampai "next click" dan buat triggernya lingkaran kecil yang berfungsi sebagai poros.

  11. Silahkan dicoba. Kalo masih bingung, silahkan tonton di sini : WDOffline


Nah, semoga ini bisa menjawab kebutuhan mereka yang butuh wheel decide, lucky wheel, roda pertanyaan, spinner arisan, dan sejenisnya secara offline. Jika ada yang menemukan cara yang jauh lebih simple lagi...silahkan tulis di comment ya. Selamat bermain!

125 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page