top of page
  • Writer's pictureJJ

Menggugat posisi IPS di sekolah!

Sadar atau tidak...diakui atau tidak...IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) seringkali dinomorduakan posisinya, dianggap tidak penting... baik oleh Guru maupun siswa dan orang tua. IPS identik dengan hafalan. Selama bisa menghafal dengan baik....aman.


Tapi saya sama sekali tidak setuju. Kenapa? Manusia, selain sebagai mahluk individu, sejatinya adalah juga mahluk sosial. Selama pandemi Covid-19 ini, kita sangat merasakan betapa sakitnya, betapa bosannya ketika kita diminta diam di dalam rumah dan mengurangi segala aktivitas sosial. Kita merasa kesepian, sedih, sendiri.


Kita kangen buat ngobrol, "nongkrong", bersosialisasi sama teman-teman. Kita kangen kumpul-kumpul dengan keluarga. Berkomunikasi dengan video call kurang afdhol rasanya. Bagaimanapun juga, interaksi virtual itu rasanya berbeda daripada interaksi langsung. Iya atau iya? :)


Nah...semua yang saya sebutkan di atas....."sosialisasi, komunikasi, interaksi"... adalah istilah dalam pelajaran IPS. Istilah yang dipelajari dalam IPS. Apakah sosialisasi, komunikasi, interaksi? Bagaimana bersosialisasi, berkomunikasi, berinteraksi dengan baik? Norma dan aturan dalam bersosialisasi, berkomunikasi, berinteraksi.


Semua hal tentang kehidupan kita sebagai mahluk sosial... adalah IPS. IPS adalah kehidupan kita sehari-hari. IPS adalah kita. Adakah di antara kita, yang bisa menjalani hidup tanpa adanya interaksi dengan manusia lain? Jika tidak, maka sudah seharusnya kita meletakkan IPS sebagai dasar dari ilmu pengetahuan lain. Sudah selayaknya kita meletakkan IPS dalam posisi yang lebih baik, bahkan memfokuskan pelajaran di sekolah pada IPS.


Bayangkan sebuah dunia, dengan anak-anak yang sangat cerdas di bidang IPA atau matematika namun tidak bisa berinteraksi cukup baik dengan lingkungannya, dengan masyarakatnya? Saya pribadi, memilih untuk tidak tinggal dalam dunia seperti itu. Bagaimana dengan Anda?


Yuk...sekarang...kita lihat kembali pelajaran IPS dari sudut pandang kita sebagai mahluk sosial! Yuk, kita tanyakan pada diri kita sendiri, sejauh mana IPS mempengaruhi hidup kita?!

12 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page