top of page
  • Writer's pictureJJ

Pentingnya email dan cloud storage!!!

Pada masa pandemi sekarang ini, digitalisasi yang sudah merasuki hampir semua sendi kehidupan, semakin terasa. Kerja harus dari rumah, belajar harus dari rumah, bahkan beribadah pun dari rumah. Semua harus jaga jarak, nggak boleh dekat-dekat, apalagi sampai dempet-dempetan. Alhasil, penggunaan teknologi digital menjadi salah satu solusi yang ditawarkan.


Ada beberapa hal penting, yang fungsinya sangat besar dalam digitalisasi kehidupan kita, namun seringkali dilupakan. Iya....salah duanya adalah email (surel) dan cloud strorage (penyimpanan awan).


Email/surel

Banyak orang punya email hanya semata memenuhi prasyarat mendaftar di Facebook atau media sosial lain, Shopee atau toko online lain, atau sekedar demi bisa menggunakan handphone Android atau smartphone lain. Setelah prasyarat itu dipenuhi, maka mereka lupa akan keberadaan emailnya. Atau jika mereka ingat keberadaan emailnya, maka mereka lupa passwordnya 😊😅

Padahal email itu penting lho! Manfaat email adalah :

  • Mendaftar di media sosial dan media lainnya. Ini sudah pasti Anda semua tahu.

  • Sebagai identitas diri. Itulah kenapa email digunakan untuk mendaftar. Email adalah identitas diri kita di dunia maya. Oleh karena itu, selayaknya identitas diri kita yang lain....harus dilindungi. Diberi password (sandi).

  • Mengirim dan menerima pesan. Kalau zaman dulu ditolongin Pak Pos dan harus beli perangko, sekarang nggak perlu lagi. Bahkan fungsi inilah yang menjadi asal-muasal adanya email. Surat elektronik. Supaya gak repot lagi ke kantor pos.

  • Sarana pemasaran. Sadar atau tidak banyak orang yang menggunakan email untuk berjualan, entah itu barang atau jasa. Misalkan kita mendaftar di salah satu toko online....pasti email kita akan dipenuhi oleh penawaran dari toko tersebut.

Cloud Storage/Penyimpanan Awan

Ini adalah penyimpanan virtual, dan karena virtual maka kita bisa mengaksesnya di manapun, selama kita punya jaringan internet, alamat email dan kata sandi/password. Cloud storage ini contohnya adalah Google Drive, Microsoft Onedrive, Dropbox.

Fungsi dan Manfaat Cloud Storage adalah:

  • Yang paling utama adalah menyimpan file. File apapun bisa....bahkan surat berharga dan surat tanah pun bisa. Tapi tentu saja....salinan digitalnya. Apalagi file seperti link, dokumen presentasi, tabel excel, skripsi ..... bisa banget. Jangan khawatir dengan keamanan tempat ini, karena ibarat bank...penyedia layanan cloud storage akan setengah mati menjaganya tetap aman.

  • Berbagi file. Terutama yang berukuran besar. Untuk berbagi file, kita bisa dengan mudah membagi link file tersebut pada orang lain. Gak perlu kebingungan menghapus isi flash disk lagi.

  • Mengedit File. Dengan adanya cloud storage, jika ada kolega yang mengirim link dokumen, kita bisa langsung buka dan edit. Lantas semuanya otomatis tersimpan di cloud storage kita.

  • Backup File. Termasuk chat Whatsapp. Ini penting supaya kita tetap tenang kalau laptop atau smartphone kita tiba-tiba rusak. Dokumen penting atau foto kesukaan kita tidak akan hilang. Dan ini sangat penting buat yang hobi koleksi foto dan video youtube, tiktok, atau foto/video anak cucu 😄 Daripada tahu-tahu WhatsApp error karena kepenuhan, lebih baik backup di cloud.


Nah....itulah pentingnya email dan cloud storage. Mulai hari ini...tolong diperhatikan keberadaan keduanya. Jangan dilupakan. Kasihan.


8 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page