top of page
  • Writer's pictureJJ

Screencast-O-matic : Alternatif Screen Recorder

Seringkali kita berkeinginan untuk merekam layar komputer kita untuk merekam permainan game, membuat video pembelajaran, atau merekam apapun. Lantas kita mendapati bahwa fungsi screen recorder di X-box game bar atau PowerPoint tidak berfungsi atau bahkan tidak ada. Nah, Screencast-O-matic bisa jadi alternatif. Aplikasi ini harus online, tapi tidak boros paket data. Aplikasi ini tersedia di web, android, maupun ios.


Oke...saya akan tunjukkan yang di web. Pertama-tama kita ke Screencast-O-Matic. Kalau Anda benar-benar baru dengan aplikasi ini, maka Anda akan mendapati tampilan berikut,

Klik di Start Recording for free dan tampilan Anda akan berubah menjadi seperti berikut,

Klik di Launch free recorder, dan nanti Anda diharuskan untuk mendownload dan menginstall shortcut Screencast-O-Matic di komputer Anda. Tenang, filenya kecil hanya 342 kb. Setelah itu shortcut Screencast-O-Matic akan dengan mudah Anda temukan pada start bar Anda. Sejauh ini tidak ada proses sign-up atau sign-in ya.


Jika Anda hendak merekam, maka klik shortcut tersebut (ingat, Anda harus online untuk mengaktifkannya)

Lalu Screencast-O-Matic akan otomatis terbuka di browser Anda. Anda klik launch free recorder dan tampilan seperti di bawah akan terbuka,


Bersamaan dengan munculnya tampilan di atas, akan muncul juga tanda bingkai putih hitam yang berguna untuk menandai bagian layar mana yang hendak Anda rekam. Kemudian, Anda bisa lihat di situ ada Screen (untuk merekam layar saja), Webcam (untuk merekam webcam saja) dan Both (untuk merekam layar dan webcam bersamaan).

Di bawahnya ada Max Time (15 menit untuk versi gratisan), Size (yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan), Narration (untuk merekam suara Anda), Computer Audio (hanya tersedia untuk versi berbayar).

Jika sudah siap, klik lingkaran merah REC. Screencast-O-Matic akan memberi tanda ketika rekaman sudah dimulai. Setelah selesai merekam, klik Done. Selanjutnya Screencast-O-Matic akan menawarkan pilihan What's Next? (gb.1). Jika Anda memutuskan untuk Save/Upload, maka tampilan Option akan muncul (gb.2). Terakhir, jika memutuskan untuk Save as Video File, maka tampilan Video File akan muncul (gb.3). Jangan lupa klik Publish supaya file Anda tersimpan di komputer Anda.

gb.3
gb.1
gb.2

Selamat mencoba!!!


Jika ada pertanyaan atau butuh bantuan lebih jauh, bilang aja ya. Makasih.

36 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page