top of page
  • Writer's pictureJJ

Whatsapp Business untuk Pembelajaran

Siapa yang selama PJJ tahun 2020 lalu bahkan sampai hari ini menggunakan Whatsapp untuk memberikan materi pembelajaran??? 😃 Banyak ternyata ya!!!


Iya sih, pasti banyak. Whatsapp memang aplikasi 2 juta umat. Pengguna Whatsapp itu dari Sabang-Merauke. Wajar saja Whatsapp begitu populer, soalnya Whatsapp itu sederhana, mudah, dan murah. Bahkan Kakek/Nenek saja bisa pakai Whatsapp. Kerennya lagi, nggak butuh banyak kuota data, dan tetap bisa diakses bahkan di wilayah susah signal.


Nah, kali ini saya akan berbagi bagaimana memaksimalkan Whatsapp untuk pembelajaran. Namun, kita tidak menggunakan Whatsapp biasa, melainkan Whatsapp Business.


Whatsapp Business

Whatsapp Business ini adalah versi Whatsapp yang dibuat khusus untuk aktivitas business, terutama untuk jualan online. Fitur paling menarik di Whatsapp Business adalah katalog. Dimana kita bisa pasang gambar-gambar dan deskripsi tentang barang jualan kita.


Apa hubungannya sama pembelajaran? 😊


Kalau untuk pembelajaran, katalog yang ada di Whatsapp Business kita isi dengan materi pembelajaran. Pada bagian deskripsinya, kita isi dengan penjelasan singkat materi yang diberikan dan link untuk mendownload materi tersebut. Linknya bisa bersumber dari manapun (youtube, cloud storage, kantor berita online, dll).

Selain itu, kita bisa juga mengisi katalog Whatsapp Business dengan materi ujian. pada bagian deskripsi, kita isi dengan sekilas penjelasan ujian dan link Google Form/Microsoft Form atau Form2 lainnya.


Dengan fitur katalog, siswa/orang tua bisa dengan mudah mengakses kembali materi/ujian/PR yang telah diberikan. Jadi nggak ada tuh nanti, "Aduh...linknya hilang? Linknya terhapus!"

Guru/tenaga pendidik pun bisa dengan mudah mengkategorikan pembelajarannya.


Keuntungan menggunakan Whatsapp Business adalah kita bisa membedakan urusan personal kita, dengan urusan business/sekolah/kantor/dsb. Membedakan urusan personal dan professional. Kita jadi kayak punya, telpon rumah dan telpon kantor.


Memang bisa menggunakan nomor yang sama antara WhatApp biasa dan Business? Nggak bisa. Untuk menggunakan Whatsapp biasa dan Whatsapp Business, nomornya harus berbeda.

Tapi ..... kalau mau menjadikan/migrasi Whatsapp biasa ke Whatsapp Business demi memanfaatkan fitur-fitur keren di Whatsapp Business ya silahkan saja. Bisa koq.


Kalau mau tahu lebih lengkap soal fitur di Whatsapp Business, silahkan klik link ini ya: Whatsapp Business.


Kalau mau bertanya lebih lanjut tentang penggunaan Whatsapp Business untuk pembelajaran silahkan bertanya di kolom komentar atau hubungi saya melalui nomor yang tertera tombol merah "Hubungi kami" setiap kali kalian masuk ke blog ini.


Kalau mau berbagi pengalaman menggunakan Whatsapp Business silahkan juga ya.


Selamat mencoba!

140 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page