top of page
  • Writer's pictureJJ

10+ Ide Menggunakan ChatGPT dalam Pembelajaran

Updated: Feb 24, 2023

Saya yakin sudah banyak di antara kita yang mencoba ChatGPT. Kalau belum, cobalah! Dan dalam beberapa minggu ke depan, mungkin kita akan mendapati program serupa ChatGPT tersemat dalam bowser kita, terutama yang selama ini rajin browsing menggunakan Google dan Bing.


So, pilihan Chatbot pintar akan semakin banyak. Lantas kita pun mungkin ... tak akan punya cukup kuasa untuk menghindarkan Chatbot tersebut digunakan oleh anak-anak atau siswa-siswa kita. Jadi, sekalian saja kita pakai.


Berikut ini adalah beberapa ide yang terpikir oleh kami, tentang penggunaan ChatGPT atau chatbot sejenis dalam proses pembelajaran.

  1. Untuk membuat RPP atau paling tidak minta ide untuk membuat RPP. ChatGPT dapat membuat RPP secara penuh, dari tujuan pembelajaran sampai rubrik penilaian. Jadi jangan ragu untuk bertanya. Tapi ingat, untuk menyesuaikan hasilnya dengan konteks Anda.

  2. Sebagai sarana mencari informasi yang lebih komplit daripada "Google search biasa". Kalau kita browsing biasa, maka kita akan disajikan pilihan situs-situs web, lantas kita perlu membuka situs tersebut dan mempelajarinya. Dengan ChatGPT, kita bisa bertanya dan mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap tanpa perlu membuka situs web. Kalaupun setelah itu kita membuka situs web, kita sudah akan membukanya dengan memiliki pemahaman dasar tentang situs tersebut.

  3. Untuk mencari dan mengembangkan ide-ide tentang pembelajaran berdiferensiasi, kegiatan pengembangan sekolah, dan sebagainya. Contohnya: kegiatan berdiferensiasi seperti apa yang cocok diterapkan di kelas 4 SD untuk pembelajaran matematika, dalam konteks kehidupan masyarakat nelayan.

  4. Untuk mengembangkan materi pembelajaran. Misalkan untuk mengenerate script audio/video pembelajaran yang akan dibuat.

  5. Untuk membuat ilustrasi di BigBook untuk diberikan pada siswa yang baru belajar membaca.

  6. Untuk membuat pertanyaan yang HOTS. Ketimbang pusing membuat dan memikirkan pertanyaan yang HOTS. Apalagi pakai pelatihan segala. Minta saja ke ChatGPT. Ini salah satu yang dia buatkan: "Apa arti dari konsep "Negara Kesatuan Republik Indonesia"? Bagaimana ini mempengaruhi hidup kita sebagai warga negara Indonesia?"

  7. Untuk membuat tutorial.

  8. Untuk meringkas materi pembelajaran.

  9. Untuk mengerjakan tugas-tugas administrasi. Seperti buat surat lamaran, proposal, laporan, undangan, ceramah, surat cinta pun boleh.

  10. Untuk belajar dan berlatih menggunakan bahasa asing. ChatGPT menguasai berbagai bahasa dengan baik dan dapat memberi feedback. Jadi kita bisa latihan menggunakan bahasa asing dengan ChatGPT.

  11. Untuk menilai tugas siswa. Yup, ChatGPT dapat diminta membuat rubrik penilaian dan menilai tugas siswa berdasarkan rubrik tersebut.

  12. Gunakan sebagai teman diskusi atau brainstorming. Terkadang kita mau diskusi, tapi tak ada kawan. Pakai saja ChatGPT. Dia bisa koq untuk diajak diskusi ataupun sekedar ngobrol ringan mengusir penat.

Apa lagi ya? Kalau saya pribadi, saya menggunakan ChatGPT untuk apapun. Dari menjawab kebingungan masak apa hari ini, buat video script, buat ilustrasi untuk buku, buat cerita, analisa data, sampai menjawab fungsi FPB dan KPK serta trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.


Yach begitulah. Semoga bermanfaat.


35 views0 comments

Comentarios


bottom of page