top of page
  • Writer's pictureJJ

"Choice Board" untuk Pembelajaran Berdiferensiasi

KIta sering kali mendengar pembelajaran berdiferensiasi. Kalau kita googling atau browsing, kita akan dengan mudah menemukan informasinya.


Ide dasar pembelajaran berdiferensiasi, manfaat pembelajaran berdiferensiasi, langkah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, semuanya akan tersedia dan dengan mudah ditemukan. Namun semua itu umumnya teoritis. Copy paste buku panduan. Tidak ada yang salah dengan hal itu, atas nama sosialisasi pembelajaran berdiferensiasi hal itu perlu.


Tantangan muncul ketika kita googling atau browsing contoh real di kelas atau di sekolah. Paling tidak, itu yang terjadi pada saya.


Pada akhirnya menurut saya:

Pembelajaran berdiferensiasi bicara tentang diferensiasi konten, proses, dan produk. Pembelajaran berdiferensiasi bicara tentang pilihan.

Jadi inilah yang saya lakukan dalam menerjemahkannya: Choice Board (Papan Pilihan)


Bentuknya seperti berikut:

  • Untuk diferensiasi konten & proses

  • Untuk diferensiasi proses dan produk



Jika susah dalam membuka file interaktif di atas, maka silahkan klik langsung pada link berikut:

Pada dasarnya sih, dibuat sederhana dengan karton atau kertas pun tak apa, yang penting ada pilihan yang disajikan. Karena, hidup adalah tentang pilihan toh!? 😀


Itu adalah contoh yang saya buat untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di internal RumahJJ. Seandainya cocok untuk digunakan, ya silahkan saja. Saya hanya berbagi.


Semoga bermanfaat!

101 views0 comments

Yorumlar


bottom of page