top of page
  • Writer's pictureJJ

CYOA, Literasi, Numerasi

Tahu istilah CYOA (Choose Your Own Adventure)? Kalau belum ... kasihan deh. 😁

CYOA, atau Pilih Sendiri Petualanganmu adalah jenis cerita yang cukup populer pada tahun 80-an, 90-an. CYOA biasanya ditulis dari sudut pandang orang kedua (bukan pemeran utama). Tapi menulis CYOA dari sudut pandang pemeran utama juga sah-sah saja. Yang jelas, pembaca harus membuat pilihan yang menentukan tindakan karakter utama ataupun akhir jalan cerita.


Model cerita seperti ini didasarkan pada konsep dari Edward Packard, seorang penulis buku berkebangsaan Amerika. Edward Packard mulai menulis CYOA pada tahun 1969 dengan judul "The Adventures of You on Sugarcane Island. Buku ini pada akhirnya diterbitkan oleh Vermont Crossroads Press pada tahun 1976. Jadi model cerita CYOA sudah eksis lebih dari 45 tahun.


Saya adalah salah satu penggemar CYOA. Cerita CYOA pertama yang saya baca adalah CYOA yang merupakan adaptasi cerita Disney tentang Putri Aurora (Putri Tidur). Rasanya saat itu begitu menyebalkan karena pilihan saya jarang sekali happy ending. Lalu saya mulai curang, dan membacanya dari bagian akhir cerita. 😊


Seiring waktu dan banyaknya buku CYOA yang saya baca, termasuk buku-buku Edward Packard, saya sadar CYOA memberi banyak hal. CYOA mengajarkan saya tentang pilihan, pengambilan keputusan, alur berpikir, berpikir kritis dan logis, empati, .... banyak....


Akhirnya saya mencoba menerapkan CYOA dalam pembelajaran. Maka lahirlah yang seperti ini:

atau yang seperti ini:

Itu hanyalah 2 contoh dari sekian CYOA yang saya buat, yang ternyata cocok digunakan untuk peningkatan Literasi dan Numerasi (padahal saya tidak pernah berpikir sejauh itu).


Setelah saya melihat indikator Literasi Numerasi di Rapor Pendidikan, saya sepakat bahwa CYOA memang bisa jadi alternatif untuk peningkatan Literasi dan Numerasi. Bagaimana menurut Anda?


Lalu ketika ada pertanyaan tentang, bagaimana membuat yang seperti itu? Saya pun bingung. Bagaimana ya? Mungkin di artikel berikutnya saya akan menuliskan caranya. Stay tuned! 😁

84 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page