top of page
  • Writer's pictureJJ

PUBHTML5 - membuat PDF rasa buku

Updated: Nov 25, 2023

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis artikel tentang Flipping Book Maker Apps. Dalam artikel tersebut saya memberikan beberapa alternatif aplikasi. Nah, kali ini saya akan memperdalam 1 dari 3 aplikasi dalam artikel tersebut yang saya anggap lebih menguntungkan untuk digunakan. Namanya Pubhtml5. Aplikasi ini sebenarnya sudah lama berada di pasaran flipping book maker apps. Informasi yang diperoleh dari Crunchbase (situs penyedia informasi bisnis), Pubhtml5 ini berbasis di Hongkong dan sudah ada sejak 1999. Lamaaaa banget kan?


Buat saya, seperti kebanyakan aplikasi lainnya, Pubhtml5 pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Nah saya akan menuliskan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan, namun hanya untuk yang versi GRATIS 😁

Kelebihan:

  1. Penyimpanan data yang disediakan 500 GB

  2. Buku yang dihasilkan bisa dibagikan dengan mudah dan di print

  3. Bisa punya beberapa bookcase (rak buku) dan folder buku**

  4. punya versi offline untuk windows yang bisa langsung didownload di situs resminya. Anda bisa temukan di bagian palinga bawah.

Kekurangan:

  1. Ada iklan (tapi bisa pakai adblocker koq kalo mengganggu)

  2. Upload buku hanya bisa 5 buku/hari

Sementara itu, penggunaannya pun mudah. Tapi sebelumnya ada yang lebih dulu harus kita lakukan:

  • Dokumen sudah berbentuk PDF. Kenapa? Supaya mudah uploadnya. Lagipula file PDF cenderung ringan. (note: untuk menjadikan file Office jadi dokumen, Anda bisa buka filenya, lantas pilih export ke PDF)

  • Buat account dulu di Pubhtml5 (bisa pakai Google atau Facebook account koq)

Kemudian, kita bisa langsung mulai membuatnya:

  • Upload dokumen yang kita ingin rubah jadi buku. Selanjutnya semua proses akan berjalan otomatis, asal kita tidak lupa mencentang Auto create. Perhatikan yang saya lingkari biru pada gambar di bawah.

  • Kemudian, Anda akan mendapati hasil seperti gambar di bawah. Anda tinggal klik tanda share (saya lingkari biru). Anda akan mendapatkan link yang bisa Anda copy dan paste pada media sosial yang Anda inginkan.


Udah...segitu aja. Gampang kan?

Kalau Anda sudah punya beberapa buku dan ingin share semuanya sekaligus, silahkan share langsung rak bukunya, seperti ini:

Silahkan membaca dan mencoba!


** as per November 2023, free user hanya boleh punya 1 rak buku 🙏

1,227 views2 comments

2 comentários


achsultan nawawi
achsultan nawawi
29 de out. de 2021

Alhamdulillah, berkah pelatihan ini sudah ada 2 rak buku dan langsung dipergunakan untuk menjadi narasumber model powerpoint dengan PUBHTML5. Terimakasih

Curtir
JJ
JJ
08 de nov. de 2021
Respondendo a

Alhamdulillah, senang rasanya kalau apa yg saya tulis bermanfaat. Makasih banyak Pak, jd semangat untuk buat tips2 baru. Kalau Bapak mau ikut share tulisan di sini boleh lho ya.

Curtir
bottom of page