top of page
  • Writer's pictureJJ

Poll Everywhere - alternative Mentimeter yang perlu dipertimbangkan.

Updated: Mar 3, 2021

Beberapa hari lalu, di sebuah kedai kopi...

Saya sedang memperhatikan seorang yang sibuk meeting dengan Mentimeter.


Mungkin ada yang belum tahu...

Mentimeter adalah software presentasi interactive, di mana presenter bisa membuat quiz, polling, pertanyaan dan menyajikannya dalam presentasi, lalu meminta audience menjawabnya dengan masuk ke link yang disediakan. Jawaban/respon dari quiz, polling atau pertanyaan tersebut bisa langsung muncul di layar presentasi secara real time.


Keren ya! Mentimeter pun sejauh ini adalah aplikasi yang cukup populer digunakan baik sebelum ataupun selama PJJ.


Lantas saya berpikir, apa nggak ada aplikasi lain selain Mentimeter? Yang lebih baik dan nggak pelit (ini nanti saya bahas ya). Kayaknya ada deh, saya pernah tahu...tapi lupa 😊 Lantas setelah mengingat dan meng-googling saya menemukan kembali Poll Everywhere.


Poll Everywhere adalah software presentasi interactive, di mana presenter bisa membuat quiz, polling, pertanyaan dan menyajikannya dalam presentasi, lalu meminta audience menjawabnya dengan masuk ke link yang disediakan. Jawaban/respon dari quiz, polling atau pertanyaan tersebut bisa langsung muncul di layar presentasi secara real time.


Lho?! Koq sama dengan Mentimeter? Ya memang sama! Fungsinya sama. Bedanya adalah: Pricing/harga dan benefit yang diperoleh!

Catatan: Perbandingan ini saya buat berdasarkan Mentimeter for Education vs Poll Everywhere for Education (K-12)..


  • Untuk yang versi gratis, hanya diperbolehkan 2 pertanyaan (questions) per presentasi dan 5 quiz per presentasi. (Makanya di atas saya bilang pelit).

  • Untuk yang versi gratis, unlimited audience.

  • Pilihan jenis aktivitas terbatas.

  • Sinkronus.

  • Butuh signal internet kuat

  • Jika ingin versi berbayar, maka biayanya dimulai dari $119.88/tahun.

Cek di sini untuk informasi lebih lengkap : Pricing Mentimeter.


  • Untuk yang versi gratis, tidak ada batasan untuk banyaknya pertanyaan, quiz dan sejenisnya per presentasi.

  • Untuk yang versi gratis, maximal audience-nya 40 orang.

  • Pilihan jenis aktivitas lebih banyak

  • Sinkronus dan asinkronus.

  • Butuh signal internet, nggak perlu kuat, yang penting cukup 😁

  • Jika ingin versi berbayar, maka biayanya dimulai dari $50/tahun.

Cek di sini untuk informasi lebih lengkap : Pricing Poll Everywhere.


Dapat dilihat sendiri, mengapa saya merasa Poll Everywhere perlu dipertimbangkan.


Buat saya pribadi, nama besar/kepopuleran sebuah aplikasi tidak selalu berbanding lurus dengan kebermanfaatan aplikasi tersebut.

Pemanfaatan sebuah aplikasi sangat bergantung dengan konteks di mana aplikasi itu dimanfaatkan/diterapkan dan siapa yang memanfaatkannya.


Selamat malam, menuju pagi...

62 views0 comments

Commentaires


bottom of page