top of page
  • Writer's pictureJJ

PowerPoint 2007 - 2019

Ada beberapa pertanyaan ke saya tentang fitur-fitur dalam PowerPoint. Apakah tersedia di PowerPoint versi jadul atau nggak? 😊 Pastinya ada yang tersedia di versi jadul dan yang tidak. Jadi daripada bertanya-tanya...yuk kita simak perbedaannya! Kita akan mulai dari versi 2007. Kenapa? Karena ini adalah versi ter-jadul yang bisa ditemukan. 😁


PowerPoint 2007 vs 2010

Jika berkaitan dengan fungsi yang saya sebutkan dalam artikel sebelumnya, maka fungsi Hyperlink adalah fungsi yang selalu ada dalam setiap versi PowerPoint. Begitu juga dengan Animasi. Sementara, perbedaan versi 2007 dan 2010 adalah: versi 2010 memiliki Single document interface (SDI)/tampilan antarmuka tunggal, membagi bagian dalam presentasi, reading view/tampilan baca, redesign of "Backstage" functions (under File menu)/mendesain ulang "Backstage", save as video/simpan sebagai video, insert video from web/menyisipkan video dari web, embed video and audio/menyematkan video dan audio, enhanced editing for video and for pictures/peningkatan editing video dan audio, broadcast slideshow, dan ada insert/sisipkan transisi.

Untuk persyaratan system yang harus dimiliki adalah Windows 500 MHz processor atau lebih, Windows XP dengan SP3 atau lebih baru, 256 MB RAM, 512 MB RAM direkomendasikan untuk video.


PowerPoint 2010 vs 2013

Perbedaan 2013 dengan 2010 adalah : ketika membuka versi 2013, maka pengguna akan langsung dihadapkan pada tampilan beragam theme yang bisa dipilih untuk menghasilkan PowerPoint cantik, 2013 juga memiliki kemampuan untuk merubah bentuk slide default ke tampilan dengan aspek rasio 16:9, kolaborasi online dengan beberapa penulis (harus sign-in dengan Microsoft account ya), user interface didesain ulang untuk layar multi-sentuh, peningkatan di audio, video, animations, and transitions, perubahan lebih lanjut pada Presenter View, Koleksi Clipart dan insertion tool dihilangkan namun tersedia online. Oh iya, di versi 2013, kita bisa simpan video dengan MPEG-4 format, dan ada fungsi Screen Recording/rekam layar.

Untuk persyaratan system: Windows 1 GHz processor atau lebih cepat, x86- or x64-bit processor dengan SSE2 instruction set, Windows 7 atau lebih baru, 1 GB RAM (32-bit), 2 GB RAM (64-bit).


PowerPoint 2013 vs 2016

Perbedaan 2016 dengan 2013 selain tampilan yang lebih mudah dan theme yang lebih bervariasi adalah: 2016 memiliki "Tell me" yang ditandai dengan tanda bohlam. Fitur ini untuk memudahkan kita jika kita kebingungan melakukan sesuatu di PowerPoint. Lantas versi 2016 juga memiliki 6 chart baru, kolaborasi real-time , "Zoom" pada slides atau sections dalam slideshow serta "Presentation Translator". Ada juga "PowerPoint Designer" pane, Morph transition, dan Ink annotation atau Draw, yang sayangnya ketiga hal tersebut hanya ada di Microsoft 365 subscriber. Pada dasarnya versi 2016 tidak terlalu berbeda dengan 2013, kecuali Anda adalah Microsoft 365 subscriber.

Persyaratan system: Windows 1 GHz processor atau yang lebih cepat, x86- or x64-bit processor dengan SSE2 instruction set, Windows 7 dengan SP 1 atau lebih baru, 2 GB RAM.


PowerPoint 2016 vs 2019

Okay....2019 adalah versi terbaru PowerPoint hari ini. Yang jadi perhatian banyak orang adalah Morph transition (yang membuat tampilan seperti film), zoom yang lebih baik dari sebelumnya, menghilangkan image background (jadi gak repot lagi), insert/sisipkan 3D model, edit SVG image, draw with ink. Saya sendiri belum update, jadi belum bisa cerita banyak.


Lantas, apakah harus update ke versi terbaru? Tergantung kebutuhan Anda. Karena update ke versi baru seringkali juga membutuhkan biaya lebih dan persyaratan system komputer yang lebih. Bisa jadi biaya yang dikeluarkan lebih mahal. Tapi nggak usah khawatir, karena kita bisa pakai office online supaya mendapatkan semua fitur itu, atau kita bisa berlangganan Microsoft 365 yang pasti dapat update setiap Microsoft keluarin fitur baru.


Yang paling penting, secanggih apapun fitur PowerPoint yang kita miliki, kalau ide-ide di kepala kita dan kemampuan kita nggak canggih.... ya percuma aja....✌


Sources:

61 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page